Pembekalan Prajurit Yonarmed 1 Kostrad Tentang Sumber Daya Hayati Dalam Rangka Persiapan Lator Di Daerah Perbatasan RI-RDTL

Dalam rangka membantu pelaksanaan kegiatan Lator dalam Program Latihan Penyiapan Operasi (Proglatsiops) Yonarmed 1/Roket/AY/1/2 Kostrad, Cabang Dinas Kehutanan Wilayah Malang melalui Penyuluh Kehutanan memberikan pembekalan terhadap prajurit Yonarmed tentang keanekaragaman hayati yang ada di daerah perbatasan. Kegiatan ini diselenggarakan di Aula Yonarmed Ajusta Yudha Singosari Malang pada hari Kamis tanggal 04 Februari 2021.

Kegiatan ini diikuti oleh Prajurit Yonarmed yang akan mengemban tugas menjaga daerah perbatasan Republik Indonesia dengan Republik Demokratik Timor Leste (RDTL). Adapun materi penyuluhan yang disampaikan adalah tentang Sumber Daya Hayati yang ada di wilayah perbatasan tersebut. Komandan Artileri Medan 1 Kostrad, Letkol Arm Lukas Meinardo Sormin. S.I.P., M.I.Pol, menyampaikan kegiatan ini sangat bagus yang bertujuan agar seluruh prajurit mempunyai bekal pemahaman tentang jenis tumbuhan dan satwa yang ada di wilayah pulau timor sehingga mengetahui jenis apa saja yang dilindungi keberadaannya untuk nantinya juga disampaikan kepada masyarakat sekitar agar bersama menjaga kelestariannya.

Pemaparan materi tentang keanekaragaman hayati oleh penyuluh kehutanan

Perlu diketahui, bahwa saat ini peraturan yang mengatur tentang sumber daya hayati antara lain adalah :

  • Undang-undang Nomor 5 tahun 1990 tentang Konservasi Sumber Daya Alam Hayati dan Ekosistemnya
  • Peraturan Menteri LHK P.106 Tahun 2018 tentang jenis tumbuhan dan satwa yang dilindungi
  • daftar tumbuhan dan satwa yang masuk dalam kategori Appendix CITES (konvensi perdagangan internasional untuk satwa dan tumbuhan liar).
Pemaparan tentang regulasi sumber daya hayati oleh penyuluh kehutanan

Danyonarmed berharap kerjasama antara Yonarmed dengan CDK wilayah Malang ini tidak hanya sebatas penyampaian materi penyuluhan ini saja, Yonarmed siap membantu mensukseskan kegiatan CDK wilayah malang dalam kegiatan konservasi dan penghijauan khususnya di Wilayah Malang Raya dan sekitarnya.

Penulis : Ihwan Yusuf Habibi, S.Hut.

Penyuluh Kehutanan Ahli Muda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *