Menentang “Salah Mongso” Dalam Penanaman Bersama MA & MTs Nurul Huda Desa Babadan, Kecamatan Ngajum, Kabupaten Malang

CDK Wilayah Malang bekerja sama dengan MA & MTs Nurul Huda mengadakan kegiatan penanaman sebagai bagian dari rangkaian kegiatan Masa Orientasi Sekolah (MOS). Penanaman di Bulan Juli tergolong penanaman yang berisiko tinggi, karena sudah bukan musim penghujan. Orang Jawa menyebutnya dengan istilah salah mongso. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan edukasi dan menumbuhkan jiwa cinta lingkungan bagi pelajar MA & MTs Nurul Huda.

Kegiatan yang dilakukan pada hari Selasa13 Juli 2021 di Lapangan MA Nurul Huda ini dihadiri oleh Kepala MA/MTs Nurul Huda, staff guru dan Penyuluh Kehutanan CDK Wilayah Malang  dengan prokes yang ketat. Yang menjadi  pertimbangan mengapa penanaman ini tetap dilakukan adalah adanya sumber mata air dan jalur sungai yang selalu mengalir di sekitar  lokasi penanaman.  Diharapkan dengan adanya air yang cukup, tanaman yang ditanam menjelang musim kemarau ini tetap dapat tumbuh dengan normal. Bibit tanaman yang ditanam merupakan  tanaman MPTS (Multi Purpose Tree Species), antara lain jenis jambu biji, alpukat, durian, glodokan pecut  salam dan beberapa tanaman lainnya sejumlah 250 batang.  Bibit yang ditanam  berasal dari bantuan CDK Wilayah Malang  dan pengadaan swadaya oleh pihak sekolah

Dengan adanya penanaman ini diharapkan lingkungan sekolah menjadi lebih rindang dan dapat bersaing dalam program Sekolah Adiwiyata. Muhammad Rosyid, selaku Kepala MA & MTs Nurul Huda bergharap dapat menjalin kolaborasi dan bersinergi dengan CDK Wilayah Malang terutama dalam hal pelestarian lingkungan. Kolaborasi dapat diwujudkan melalui MoU kegiatan penhijauan lingkungan atau lainnya. Penyuluh kehutanan sebagai garda terdepan berkomitmen untuk membantu terlaksananya kegiatan tersebut melalui pendampingan dan pembinaan yang berkesinambungan. Pembinaan tersebut dalam bentuk rencana pendirian kepannduan bidang kehutanan (Saka Wanabhakti) yang merupakan ekstrakurikuler wajib. Letak sekolah yang berada di alam bebas dan dekaat bukit sangat mendukung untuk dikembangkan kegiatan yang berkaitan dengan edukasi lingkungan.

Penyerahan bibit dari Penyuluh Kehutanan CDK Wilayah Malang kepada Kepala MA/MTs Nurul Huda
Penanaman oleh Kepala MA/MTs Nurul Huda
Penanaman oleh Penyuluh Kehutanan CDK Wilayah Malang
Suasana persiapan upacara penanaman

Penulis : Suhardi, S.P.,M.M.

Penyuluh Kehutanan Ahli Muda

1 Comment

  • suhardi

    05/08/2021 @ 10:08

    salam lestari saudaraku

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *